Kamis, 19 Februari 2015

Kebugaran Jasmani

Bentuk–Bentuk Pembelajaran Kebugaran Jasmani


Lari melewati rintangan kardus
Tujuannya adalah untuk melatih otot kaki serta melatih kelincahan gerak tubuh.
Cara mela kukannya:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa baris.
  2. Siswa melakukan gerakan berlari dengan melompat melewati empat kardus yang telah diatur rapi, baik letak maupun jaraknya. 



Lomba meloncati ban
Tujuan adalah untuk melatih kekuatan otot kaki serta ketangkasan.
Cara melakukannya:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa baris.
  2. Siswa melakukan gerakan berlari dengan meloncati ban yang telah diatur rapi, baik letak maupun jaraknya. 


Loncat tegak (vertical jump)
Latihan ini bertujuan untuk mengukur daya ledak otot tungkai. Ukuran papan skala selebar 30 cm dan panjang 150 cm, yakni jarak antara garis skala satu dan yang lainnya masing­-masing 1 cm. Papan skala ditempelkan di tembok dengan jarak skala nol (0) dengan lantai 150 cm.
Pertama, berdiri menyamping papan skala dengan mengangkat tangan ke atas. Ukur tinggi yang didapat, kemudian lakukan lompatan setinggi mungkin sebanyak tiga kali. Tiap lompatan dicatat angka ketinggian yang diperoleh, kemudian ambil yang tertinggi. Selisih antara angka tertinggi dan pengukuran yang pertama saat tidak melompat adalah hasil lompat tegak (vertical jump).
Cara melakukannya:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa baris
  2. Siswa berdiri tegak dekat dinding, kedua kaki berada dekat papan dinding di samping tangan kiri atau kanannya.
  3. Tangan yang berada dekat dinding diangkat lurus ke atas, telapak tangan ditempelkan pada papan berskala sehingga meninggalkan bekas raihan jarinya.
  4. Kedua tangan lurus berada di samping badan kemudian siswa mengam­bil sikap awalan dengan membengkokkan kedua lutut dan kedua tangan diayun ke belakang.
  5. Seterusnya siswa meloncat setinggi mungkin sambil menepuk papan ber­skala dengan tangan yang terdekat dengan dinding meninggalkan bekas raihan pada papan skala. Tanda ini menampilkan tinggi raihan loncatan siswa tersebut, seperti gambar di bawah ini.













Selain kegiatan di atas masih banyak lagi olah raga yang bertujuan untuk meningkatkan serta menjaga kebugaran jasmani. Kegiatan yang dapat kita lakukan antara lain: jogging, pus up, sit up, dan lain - lain.

1 komentar: